Menulis: Apakah itu Kemampuan, Kerajinan, atau Pemberian?

No Comments

Kapan pun Anda mengumpulkan penulis bersama-sama mereka berbicara tentang menulis. Ada banyak jenis penulis. Mereka yang lebih memilih untuk menulis dengan tangan panjang atau hanya bisa menulis di mesin tik manual kuno. Mereka yang menulis ke musik, menuntut keheningan, atau menciptakan yang terbaik dikelilingi oleh kebisingan. Anda memiliki para penulis yang harus merencanakan dan menguraikan sebelum mereka dapat memulai dan mereka yang menemukan bahkan berbicara tentang sebuah proyek sebelum dirancang dapat menahan kreativitas mereka. Tapi salah satu divisi paling kontroversial di antara para penulis adalah tentang apakah menulis adalah keterampilan, keahlian, atau pemberian.

Saya akui bahwa saya suka menyalakan api sedikit karena saya dapat membantah ketiga hal itu dan tergantung pada bagaimana tulisan saya sendiri terjadi pada saat ini, saya mungkin menemukan bahwa satu sudut pandang membawa lebih banyak bobot untuk saya secara pribadi.

Saya tahu sebagai guru menulis bahwa menulis adalah sebuah keterampilan. Saya telah membawa orang-orang, tua dan muda, yang membenci penulisan dan percaya bahwa mereka tidak akan pernah bisa menulis - dan memberi mereka tip dan alat dasar untuk menjadi penulis dasar yang baik. Saya telah mengambil penulis dasar yang baik dan memberi mereka dukungan dan arahan yang mereka butuhkan untuk menjadi penulis yang terampil. Saya telah melihat para penulis terampil dengan latihan dan tekad menjadi penulis yang mahir. Saya telah melihat ini di kelas, di konferensi menulis, dan di ruang berita. Saya telah menyaksikan transformasi ini cukup untuk mengetahui bahwa menulis adalah keterampilan yang bisa diajarkan dan keterampilan yang bisa dipelajari.

Saya kenal sebagai penulis, editor, dan pembaca yang menulis adalah sebuah kerajinan. Seperti definisi yang dibaca pada kerajinan adalah "membuat atau menghasilkan dengan hati-hati, keterampilan, atau kecerdikan". Seorang penulis yang cakap dapat menangkap minat dan menyampaikan informasi, namun seorang penulis juga bisa membuat sebuah cerita, puisi, atau esai yang menyentuh emosi dan otak kita. Bagi mereka yang telah melampaui hanya terampil menjadi pengrajin dan pengrajin, mereka dapat mengandalkan pengetahuan, pengalaman, dan naluri mereka untuk menciptakan tulisan yang lebih dari sekedar memberikan - itu juga bernyanyi.

Saya tahu sebagai penulis dan pembaca bahwa menulis adalah pemberian. Beberapa penulis hanya memiliki kualitas khusus yang memungkinkan mereka melangkah melampaui dan di atas kerumunan yang meringkuk. Bagi beberapa orang, ini adalah kemampuan khusus untuk membentuk kata-kata menjadi gambar dan gagasan dan untuk beberapa hal, ini adalah visi unik dunia ini (atau lainnya) yang berbicara kepada jiwa kita dengan cara yang orang lain tidak bisa.

Apakah penulis lahir atau dibuat? Banyak orang berpendapat bahwa beberapa penulis berbakat lahir, tapi saya tidak yakin. Mungkin Anda bisa memiliki beberapa predisposisi tapi saya percaya bahwa penulis dibuat. Mereka dibuat di kursi goyang saat Ibu membaca "Selamat Malam, Bulan"; mereka dibuat di bawah penutup dengan senter saat Anda harus menyelesaikan "The Hobbit" untuk pertama kalinya; Mereka dibuat saat Anda dengan bangga mengantongi kartu perpustakaan pertama Anda; mereka dibuat saat Anda mengisi buku catatan pertama; mereka dibuat saat Anda mengirimkan puisi, artikel atau cerita pertama Anda untuk publikasi; mereka dibuat saat Anda menerima penolakan pertama Anda; dan mereka dibuat saat Anda menghidupkan komputer setiap hari untuk menulis.

Saya percaya beberapa penulis sangat berbakat tapi bahkan begitu juga artinya itu adalah hadiah yang diberikan kepada mereka secara keseluruhan atau apakah itu hadiah yang dikembangkan selama bertahun-tahun membaca, menulis, berbicara, dan memikirkan kata-kata?

Jadi, saya percaya, menulis adalah ketiganya - keterampilan, kerajinan, dan hadiah. Beberapa penulis menemukan kemampuan mereka mencakup ketiganya sementara yang lain tidak pernah maju melampaui tingkat keterampilan.

back to top